Sunday, December 20, 2015

Keevara & Kaya

Assalamualaikum,


Huaaaa nggak kerasa ya udah di penghujung tahun aja. Ya Alloh waktu rasanya cepat sekali ya, padahal kalo jalanin hari-hari sih ya kadang berasa lama ya apalagi macam ibu-ibu kayak gue yang di rumah mulu. Yaa curcol shay!

Ya Alloh, kebayang deh... Tahun lalu bulan Desember gini, lagi ada sepupu dari Brisbane terus dadakan kita ke Sydney sehari doang. Itu Keevara masih setahun setengah, masih nenen, digendong kemana-mana pake ergo. Nggak tau kalau itu lagi dalam keadaan (mau) hamil, pun status kita belum jadi residen sini.

Sekarang? Alhamdulillah, MasyaAllah... Kita sudah residen australi, Keevara sudah 2 tahun setengah, dan... Ada bayi lagi! Bernama Kaya. OMG! Udah mau 4 bulan pula!

Baru kali ini ngerasain semuanya berubah hanya dalam satu tahun saja. Hamil di awal tahun, lahiran ya di akhir tahun... Ngurus dua anak sekaligus di tahun 2015 ini. Alhamdulillah begitu nikmat, sekaligus  dikasih tanggung jawab yang besar dan itu tidak mudah. Challenging.

Di blog ini nggak ada cerita soal kelahiran Keevara, karena nggak sempat dan agak males untuk reka ulang ceritanya dalam bentuk tulisan. Tapi ada videonya di youtube suami, hehe.
Dan yang kedua ini, Kaya, juga belum ada cerita soal lahirannya di blog ini. Tapi lagi lagi alhamdulillah sudah ada video kelahiran Kaya. Thank you suamiku, tukang videoku hehe.

Ya terus ini mau cerita kelahiran Kaya, tapi ngga ada cerita kelahiran Keevara dong? Ga adil hehe.

Jadi intinya aja kali yaa, atau seingetnya. Lagipula banyak kesamaan proses melahirkan keduanya.

Kapan?
- Keevara: 
Kamis, 18 Juli 2013 (40 weeks kurang dua hari)
- Kaya
Senin, 31 Agustus 2015 (38 weeks)
Keduanya lahir di Sunshine Hospital.

Kronologinya?
- Keevara: 
Berangkat ke RS sekitar jam 1 malam setelah nahan-nahan sakit yang dirasa cukup mulai intens. Karena kalau belum intens dan masih pembukaan awal biasanya disuruh pulang lagi ke rumah.
Ternyata sudah pembukaan 4. Masuk ruang bersalin, duduk di gym ball untuk merangsang bayi turun dan air ketuban pecah.
Sekitar subuh jam 5 atau setengah 6 air ketuban pecah. Kirain nggak lama lagi lahirannya, taunya masih lama. 
Kebetulan hari itu memang jadwalnya mampap mertua tiba di Melbourne, berhubung suami nemenin gue, jadi yang jemput mertua, kita minta tolong housemate (pada saat itu). Dari airport mertua langsung ke RS, sekitar jam 10 pagi deh. Disitu lagi dahsyat-dahsyatnya gue menahan sakit dengan bantuan gas yang dihirup supaya agak ngefly dikit. Suamipun udah nggak bisa gue andelin, kalau kontraksi datang yang gue remes-remes cuma ice pack. Remes sekenceng-kencengnya. Mungkin saat itu udah sekitar pembukaan 7 kali ya. Tapi lama banget rasanya.... 
Jam 12 siang, belum juga keluar... Duh lupa, sekitar jam 1 an kali ya udah disuruh ngeden sama bidan (yang nemenin lahiran cuma seorang bidan). 
Oiya, ketika proses melahirkan cuma boleh ada satu orang yaitu suami, jadi mertua nunggu diluar deh. 
Gue coba ngeden, tapi ternyata ngeden gue salah, bukannya di pantat tapi di leher. Katanya rambutnya udah keliatan, jadi tinggal ngeden. Tapi gue ngeden nggak kuat, pasrah. Bidan juga bilang detak jantung bayi sudah melemah, ibu dan bayi sama-sama capek. 

Lalu bidan memanggil dokter-dokter dan serombongan tim. 
Mereka ambil tindakan forcep, yaitu memakai alat semacam tang (capitan) untuk narik kepala si bayi. Ya tentu jalan lahirnya mesti dirobek sedikit dong ya, biar agak longgar. Jadi itu dokternya duduk depan gue, dia berkacamata dan gue bisa lihat pantulan dari kacamatanya. Oh no! Selain itu banyak banget tim lainnya di dalam ruangan, ada yang magang, ada yang bagian saksi mata sambil nyeritain ke notulennya, notulennya nulis dengan cepat kejadian yang berlangsung, dll deh. Hectic abis!
Dan parahnya, ketika dokternya lagi ngebuka jalan lahirnya dia tiba-tiba swearing "S**t!!!".
Oow.. Apa yang telah terjadi?! Setelah itu nampak pada panik. 

Alhamdulillah bayi mungil dengan berat 3.18 itu keluar juga dan menangis, langsung diletakkan di perut gue!
Ya Alloh itu rasanya...... Speechless. Its like, hello Keevara! Kamu beneran ada ya selama ini di perutku?! Selama ini yang di perutku tuh beneran makhluk hidup??? Rasanya lucu, ajaib, ada makhluk hidup baru yang keluar dari perut kita sendiri.
Keevara ditempel di dada cuma sebentar, karena dokter yang tadi bilang kalo nganu gue robek sampe ke otot, jadi gue harus segera masuk ruang operasi.

Jahh jadi tadi dia teriak gitu tuh karena gak sengaja ngerobekin nganu gue sampai ke otot. Huhuhuhuhu.
HAH apalagi ini?!? Pasrahhh.... Masuk ruang operasi, dingin, ngantuk, disuntik sana sini sampe ga sadar. Ada enaknya juga sih jadi bisa tidur karena capek banget seharian belum tidur. 
Udah lupa keluar ruang operasi jam berapa, mertua pulang ke rumah untuk istirahat. Masuk ke kamar rawat inap (kamarnya sharing bedua) udah disambut suami yang lagi gendong Keevara.

Ya Allah rasanya nyesss.... Gue udah jadi seorang ibu. Ditungguin suami dan anak... 

Jujur aja yang disebelin dari kamar sharing adalah, suami nggak bisa ikut nginep. Jadi cuma bedua aja dengan bayi di box. Hihhhh serem, horor... Malem2 terdengar suara tangis bayi bersaut-sautan. Pokoknya paling malesinnya itu deh dari melahirkan. Sakitnya dan nginep sendiri.
Nah segitu dulu cerita Keevara.

- Kaya
Dijadwalin di induksi tanggal 7 sept (sekitar 39weeks), tapi pengennya sih lebih cepet dari itu juga udah lahiran. Karena perut udah berasa berat banget, semua pada bilang perut gue gede banget bla bla disangkanya bayi gue bla bla. Minta doa supaya lahirannya ngga usah di induksi. Alhamdulillah ya hari Sabtu itu udah ngeflek, udah kontraksi palsu. Masih nemenin popoynya tanding futsal dong. Perut juga udah berasa turun banget, kalo solat kerasa banget perut atas udah kopong. 
Hari Minggu masih jalan-jalan, makan di ayam penyet Ria, nemenin suami main bola, tapi udah mulai intens kontraksinya hilang timbul. Udah mulai fokus inhale exhale kalau kontraksi datang. Pergerakan bayi pun sudah mulai berkurang. 

Udah warning ke adik ipar dan suaminya untuk jaga-jaga hari ini titip Keevara. 
Jam 11 malem gitu suami dan Keevara udah tidur, gue masih sibuk ngitung datangnya kontraksi, berapa lama, dsb. 
Sekitar jam setengah satu, youtube-an hypnobirthing. Afirmasi hypnobirthing. Cukup membantu sih. Lagi nonton gitu, eh tau-tau ngerasa ada yang jebol dan ngerembes keluar air banyak. WHAT?!?! Pecah ketuban!! 
Panik tapi tenang, bingung ini mesti gimana. Langsung bangunin suami, gue ke kamar mandi, bingung pake apaan buat ke rs. Bukannya pake pad malah pake handuk. Langsung bilang adik ipar suruh jagain Keevara tidur. Huks. Perjuangan dimulai, bye Keevara. 
Jam 1 an lebih sampai di RS, langsubg ditangani dan masuk ruang bersaling. Cek jantung bayi, unfortunately si bayi detak jantungnya lemah, ngga bagus. Duh lagi sakit nahan kontraksi gitu suruh bolak balik ngadep kanan kiri, karena pengen tau kenapa si bayi kok jantungnya melemah kalau kontraksi datang. Ya Allohh... Kirain mah udah pembukaan gede. Soalnya udah sakit.

Si bidan menunjukkan muka yang panik, dia langsung panggil beberapa dokter. Semua masuk dengan muka panik. Haduhhh apalagi ini, seperti dejavu, banyak orang masuk ruangan. Muka-muka panik. Nyuruh gue ini itu padahal guenya juga lagi berjuang mengalihkan rasa sakit kontraksi. Gue dipindah ke ruangan lain. Di cek lagi. Si dokter dengan muka tegang bilang ke suami, kalau mereka nggak tau kenapa ini bayi kalau kontraksi jantungnya langsung drop. Nggak bisa tau karena masih pembukaan 3, jadi nggak bisa cek langsung. Jadi jalan satu-satunya harus operasi sesar saat itu juga. 

Yah Alloh... Pasrahh deh... Udah nggak kuat sakitnya... Yaudah gapapa kalo di sesar pun.
Jam setengah 3-an masuk ruang operasi (lagi, ruangan yang sama waktu jaman Keevara). Dingin, banyak orang, masih dengan nahan sakit kontraksi, gue dipindah2 dari tempat tidur satu ke tempat tidur operasinya dalam keadaan lagi sakit. Hiks.
Beberapa menit sebelum gue disuntik bius total (bius total karena emergency) gue ngerasain kontraksi yang hebat banget, asli kayak pengen ngeden banget kayak mau pup, tapi gue tahan untuk nggak ngeden.
Parah ya gue, dalam keadaan gitu aja kagak asertif, mbok ya teriak kek apa kek bilang ke orang-orangnya kalo gue pengen ngeden. Gue kenapa ya orangnya diem banget kalo masalah gituan, padahal gue yang butuh dan ngerasain. Kayak terlalu pasrah. Apalagi ini kalau mau bgomong sesuatu kudu pake bahasa inggris. Hah ribet deh wkwkwk.

Setealh kontraksi hebat itu, gue disuntik bius dan gak sadar. Bangun2 gue lagi didorong keluar dari kamar operasi. Gue langsug mikir, Udah nih? Gue udah melahirkan? Jadi ini ada jaitan di perut gue? Enak juga ya sesar, ngelahirin nggak ngerasain sakit.

Waktu di ruang observasi, suster meriksa2 sambil ngomong gitu tapi gak terlalu ngeh, he eh he eh aje udeh biar cepet.  "did you know what happenned to you?"
Nah pas dokternya dateng gue baru ngeh..
"Elo kan nggak jadi di sesar... Pas di dalem ruangan, kita mau tindak sesar, kita cek dalem ternyata pembukaannya udah sempurna. Jadi kita mutusin untuk forcep aja. Jadi tenang aja, sekarang nggak ada jahitan di perut lo. Tapi lo ngalamin pendarahan, karena orang yang di forcep dalam keadaan ga sadar akan ngeluarin darah banyak".

Dan gue cuma bengong... Hah? Jadi gue gak di sesar?! Wawww alhamdulillah.

Nah kira-kira gitu deh yang gue tangkep dengan listening gue yang seadanya. Alhamdulillah masih paham dokter ngomong apaan wkwkwk. Soalnya suami gatau kemana, kayaknya lagi nemenin si bayi yang lagi di inkubator.
Dan untuk kedua kalinya gue bisa tidur dulu setelah melahirkan. Dan lagi-lagi popoy yang milihin dan makein baju pertama kali ke anak-anaknya.

Ya Allahh... Alhamdulillah lahiran dua kali kok ya rasanya sama persis. Di ruang operasi, tapi normal, tapi forcep, rasanya ya cenat cenut juga sih abis itu bekas operasinya.

Intinya?
Keevara dan Kaya sama-sama normal dengan bantuan alat bernama forcep.
So, gue belom pernah ngerasain yang namanya ngeden terus brojol bayi wkwkwkwk. Thanks to alat capitan tsb hahah.

Baby blues?
- Keevara: IYA BANGET %1000 !
Karena kaget punya bayi jam tidur berantakan, hidup juga berubah, stress Keevara terpaksa minum sufor dari RS, struggling menyusui karena flat nipple, kenaikan berat badan Keevara tidak drastis padahal asix.
- Kaya: Alhamdulillah nggak. Cuma kuatir2 biasa aja kayak ibu2 newborn apda umumnya. Kuatir kuning atau nggak, kuatir berat badan. Tapi alhamdulillah semua oke termasuk menyusuinya.

Ternyata ya, di lahiran kedua ini Allah telah mengabulkan doa gue. Karena gue minta supaya lahirannya normal, cepet dam nggak sakit. 
Dan beneran cepet, masuk ruang operasi setengah 3, jam 3 sudah lahir bayi Kaya. Normal dan nggak sakit lahirannya huahahahhaha lahiran sambil tidur. Tapi sayangnya doanya kurang ditel, jadiny pasca melahirkan ya sakit karena habis operasi hehe.

Alhamdulillah. Panjang ceritanya xixixixi.

Video linknya dong?
- Kaya


2 comments:

  1. Wah luar biasa perjuangan ngelahirinnya Kara, aku sampe keringat dingin bacanya. Thankyou for sharing. Bisa dijadiin referensi buat entar kalau ngalamin sendiri, hehe

    ReplyDelete
  2. ihh iri.. hiks soalnya aq caesar.. gara gara g paham tentang "melahirkan" pembukaan satu udah masuk ke rs bersalin, ndelalahnya.. 2 hari pembukaan 1 terus, pas mau di induksi dokternya bilang "ini bayi belum masuk panggul, jadi cuma 30 persen aja keberhasilannya kalau di induksi" karena bidan di rsb juga bilang "kalau tidak segera dikeluarkan nanti terjadi infeksi, karena jalan lahir sudah membuka 1" aku makin takut, kemudian dirujuk ke rumah sakit swasta yg tidak khusus untuk ibu dan anak untuk tindakan caesar, di sana justru malah aneh, karena bidannya bilang "ibu terlalu buru buru untuk tindakan caesar, ini bayi bisa normal" duengg ting ting, trus aq minta normal bidanya bilang "suami anda sudah ke bagian administrasi dan sudah membayar biaya caesar, jadi tidak bisa dicancel bu tindakan caesarnya" hiks... aq cuma bisa bilang dalam hati "hmm sebegitunya kah?? kalau ini jalan dari Allah.. ya sudahlah pasrah" tapi jujur ampe sekarang pengen banget lahiran normal... hihi jadi ikutan curcol nie di tembok kara..

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails